Friday, April 9, 2010

utopia, cermin, batas, imajinasi, realita (ckckck, judul yg random)

utopia, cermin, batas, imajinasi, realita (ckckck, judul yg random)
Thursday, November 5, 2009 at 1:18pm

lagi baca buku judulnya 'curhat setan' (hii.. judulnya ngeri ya?) dan entah knp ada sensasi 'waah' saat bacanya.

ngga maxud promosi ato apa (ngga dapet untung apa2 juga gw), tp rasanya kaya apa yg lo pikirin yg ngga bs (ato sempet) diungkapin, bs 'dibahasain' dg bhs 'naah, itu maxudnya!' emm.. apa ya istilahnya? pokoknya 'terwakilkan' aja lah!

sbtulnya ada byk crita, tp yg mau gw bahas dsini adalah ttg cerpen yg judulnya 'cermin sama 'mimpi'.

sbtulnya gw tiba2 males nulis, karna terlaluuu... byk yg pngen dkasi tau si otak lewat jempol2 yg lg ngetik lwt hp ini, tp karna keterbatasan kosakata ato apapun lah itu, jd yaah... (kalimatnya gantung)

ibaratnya lg aus, trus ada kolam es susu coklat, pngennya dminum sampe abis, tp minumnya hrs pk sedotan kecil. karna pegel nyedot, akhirnya jd ngga aus lg deh dg sndirinya.

ngga gtu jg si perumpamaannya. haha, heran, gw slalu susah buat nyari kata2 yg nge'grab' u/ ngejelasin sesuatu.

bgitu jg dg imajinasi. klo ada nih ya kabel yg ngehub otak k tv biar bs tau dg jelas apa yg ada dsitu mau deh gw! karna ketakterbatasan imajinasi itulah justru yg jd 'pembatas'.

beberapa hr yg lalu gw nulis status ttg cermin. dmana saat nempelin telunjuk itulah kita tau klo 'org yg mirip gw d sebrang sana' ngga bs kita sentuh karna ada batas, yaitu cermin.

imajinasi-realita. dr dua kata dsamping, batas nya adalah tanda strip(-) itu. tp batas (strip) yg kaya apa? umur?

inget wkt masi kecil gw suka ketakutan klo tidur jam 12 karna gw ngebayangin klo boneka2 itu idup jam 12, dan suara kentongan kaya jd penanda kebangkitan dunia perbonekaan (lebaaay). belakangan, pas gw aga gedean dan 'pinteran', suara kentongan itu sbtulnya penanda jam (misalnya klo udh jam 3 kentongannya bunyi 3x).

dulu gw pny boneka namanya sila (kpanjangan dr SInga LAut) yg sk gw ajak ngobrol. gw masi inget dulu rasanya kaya sila itu idup. sampe skrg boneka itu masi ada, tp tiap kali gw lg pngen ngobrol ma sila, sbagian diri gw kaya blg 'oi, itu boneka' walopun sbagian lg blg 'klo boneka trus knp?'

bkn masalah ngobrolnya si sbenernya, tp lbh ke: dulu gw percaya klo boneka itu idup d atas jam 12, skrg stelah gw sanggup tidur d atas jam 12 dan menemukan bahwa boneka2 itu g idup kaya d film toy's story (iya, saya mengaku saya korban film LOL) kepercayaan 'bocah' gw ilang gtu aja, dgantiin ma hal2 yg lbh rasional.

imajinasi yg anak kecil punya itu smacam utopia. apa itu? klo bukunya blg "utopia adalah sebuah titik, yg ketika kau berada d sebuah horison, titik itu berada 10 langkah d hadapanmu. setiap kali kau mendekatinya 10 langkah, titik itu akan menjauh 10 langkah. dan ketika kau berusaha menggapainya 1000 langkah, titik itu slalu menjauh sbanyak langkah yg kauambil"

sedangkan realita itu kaya cermin. ngutip lagi kata2 d buku itu "ternyata sebuah batas tdk selamanya merupakan 'pembatas'. ternyata sebuah 'batas' juga adalah 'penghubung' yg tak tergantikan. kita sering berpikir bahwa dg 'melampaui batas'/'menembus batas' mgkn kita akan sampai pd 'sesuatu d sebrang sana'; bila batas membuat 1 dan yg lain berjarak, melampauinya kita pikir akan membuat keduanya 'lbh dekat', misalnya. tetapi ternyata aku keliru soal 'ilmu ttg batas'. batas, jeda, spasi tnyata smacam 'cermin'. sesuatu yg membuat 1 hal & hal lainnya bs saling 'menatap' & memaknai. bukankah, justru, sesuatu yg tanpa batas, jeda, atau spasi, seringkali adalah sesuatu yg tak bermakna? ibarat membaca deretantekstanpaspasi"

haha, notesnya panjang bgd ya? dan klo mau dturutin bs lbh panjang lg, tp gw rasa gada jg yg mau baca. gw aja males bacanya, cm seneng nulisnya doang (haha, mulai ngga bertanggung jawab)

ok, oot.

klo utopia (imajinasi) makin menjauh saat dideketin, cermin (realita) ikut ngedeket saat dideketin.

imajinasi ngebiarin kita terus melangkah walopun gatau kpn sampe k titik yg bikin penasaran itu.

realita ngebiarin kita ngedeket walopun setelah sampe batas tnyata emg batasnya sampe situ aja, g bs dsentuh ato dtembus (ya klo dtembus pecah dong cerminnya?)

iiih, bikin gemes ngga sih? tp tanpa gemes2 itu jd ngga seru! baik imajinasi n realita, jd gada 'greget' nya. iya ngga si?

No comments: