Friday, April 9, 2010

KULIAH!!

KULIAH!!
Monday, September 28, 2009 at 2:12am

zzz.. judulnyaaa!!!

ilustrasi aja, gw ngetik ini tengah malem (12.12 *hoho, angka cantik) sambil ngerjain tugas presentasi manajemen periklanan. cuma beberapa lembar doang si sbtulnya, tp karna malesnya ngga ketulungan dan byk ‘godaan2’ lain (baca: ngenet dan tidur), jd ngga selesai2 deh, padahal dkasi waktu banyak, liburan pula! haha, payah *ketawa frustasi.

salah satu bahan yg gw bahas adalah ttg identifying media experiences. baca bahannya mengingatkan gw dan org2 d skitar gw. betapa dahsyatnya efek media mempengaruhi kita dan betapa teknologi sangat mendukung akan hal itu (trus aja del bahas teknologi mulu! g cukup apa 2 part? “ngga cukup lah!” *sounds from no where’s speaking)

dsitu dceritain klo peneliti bikin penelitian kualitatif lewat wawancara dg pengguna media kaya majalah, koran, tv, ataupun situs. wawancaranya itu kebanyakan ttg pengalaman-pengalaman pengguna trus dia (peneliti) golong2in k beberapa kategori. istilah kerennya, mengidentifikasi pengalaman media (zzz.. itu mah cuma translate dr judul doang atuh!)

gw ngerjain lama banget, seriusan. kbanyakan ‘nyambi mikir’ (tipe anak: gampang teralihkan perhatiannya oleh hal2 yg mnurutnya lbh menarik tp multitasking juga. isitlah laennya: ngga fokusan. sedih ya? ngga tuh,biasa aja, weeekk! LOL). kaya mikirin tugas ini sambil ngebayangin n sok2 analisis ‘klo gw yg jd respondennya kayanya bakal jawab ini deh’ ato ‘AAHH! SAMA BANGET! HUAHAHA’ ato ‘hmm.. emg iya ya? tp masuk akal juga si’ dan ‘ato2 lainnya’ abis itu seru sndiri mikirin presentasi bsok.

pdhal tau banget gw, yg namanya presentasi d kelas g bakalan jd se excited gw skrg ini (baca: ngantuk dan sindrom ‘tidur siang’ gw yg sering kumat) kaya misalnya gw lagi iseng2 nyari video iklan ato buka
www.iklanindonesia.com atowww.ibelieveinadv.com. klo nyari video iklan dijadiin tugas, entah knp jd ngga smangat lagi. aah~ apa harusnya gw gausa kuliah aja ya biar smangat penasaran nya g ilang (tipe anak: mood rusak klo denger kata ‘belajar’) haha, aneh bgd deh gw!

###

trus pngen bahas, mm.. iklan dulu deh:

ad interference experience

1. “the number of ads makes it harder to read/look at the magazine/newspaper/TV programming/site.”
2. “I make a special effort to skip over and avoid looking at ads.”
3. “I am annoyed because too many of the ads on this site have too many movements.”
4. “I don’t like the number of pop-ups ads on this site.”
5. “all too often the ads are dull or boring.”
6. “I hate the inserts they put in it.”
7. “sometimes the ads are overdone or even weird.”
8. “the ads are so similar in style they blend together.”


trus di bawahnya ada sedikit penjelasannya.

this is an irritation experience. the consumer does not want to look at many of the ads in the media product but feel forced to. the same experience can occur with other kinds of content. for instance, with TV many consumers experience violent stories in this way. the local news leads with the automobile accident and you cannot avoid seeing it. it should be noted that advertising is not necessarily part of negative experience. in fact, advertising can contribute to positive experience as well.

these experiences are good examples but represent only a few of the experiences consumers can have that engage them with media content. as already noted, some of these experiences arise more with some media than others. the following is an experience characteristic of online media.


ok, klo mabok, longkapin aja, gw ngerti kok perasaannya gmana. males kan? SAMA! (trus nanya sndiri jawab sndiri)

kaya statement 4, skrg gw jg lg ngerasain hal yg sama. all pop-ups come by sudden. cuplikan2 ngga jelas yg ngeganggu memori otak. bedanya, pop up yg ini ngga asal gw close2 aja.

gw tiba2 keinget klo pas gw nonton tv, lg seru2nya trus tau2 dpotong ma iklan. tau deh karna ratingnya tinggi ato gmn, iklannya lamaaa… banget! trus gw kesel n ngomel2 “knp sih iklannya byk bgd! gausa ada iklan skalian aja gmn?”

ato keki berat gara2 iklan. mm.. let say gw ntn sitcom friends yg wkt itu dtayangin tengah malem. nontonnya aja udh penuh perjuangan karna sambil ngantuk2. trus dtambah iklan yg bikin “aahh.. merem sbentar ah, klo iklannya udh selesai gw bangun” DAN MALAH KETERUSAN KETIDURAN!!! GRRR…

ato gonta ganti channel mumpung masi iklan, eehh.. tnyata kelewatan part penting film yg lg gw tonton!! gmana ngga grr.. grr.. grr.. coba deh! dan jadi nyalahin iklan.

tp d sisi lain, gw tertarik banget2an sbtulnya ma iklan. dan alesan knp skrg gw milih jurusan iklan ya karna tertarik itu. tp tetep aja, momen2 d atas kadang nyebelinnya jg banget2an dan kadang jd mikir “gini ya rasanya misalnya jd humasnya rokok kaya d film ‘thank’s for smoking’. dilemma. org benci, tp mau gmana lagi? org kerjaannya dsitu kok! tp d sisi lain lagi, sbtulnya benci BANGET ma asep rokok dan efek2 anehnya itu” dan pmikiran2 smacam itulah.

dan kaya nya beberapa paragraf d atas agak nyambung ma statement 5. iya ngga si? okeh, lanjut! statement 3 (yg mungkin berhubungan juga ma statement 2).

lagi2 ngambil contoh gw (paling gampang soalnya). misalnya lg ntn film streaming. yg namanya film kan ya PASTILAAH gerak2 (klo g gerak mah namanya gambar atuh!). tp dsamping film itu sndiri byk gerakan2 lain yg ngga penting macem iklan2 g jelas gtu yg jalan2. trus malah jd lbh merhatiin iklannya dbanding filmnya itu sndiri. seriusan, GANGGU BANGET loh itu! mknya suka gw akal2in gmana caranya iklan jalan2 kedap kedip itu g kliatan. yaitu dg cara: kotak video nya (yg lg muterin film yg gw tonton) gw pas2in d tengah2. tp seringnya si jd sia2, karna suka nyelip2 sparo aja gtu iklannya (bingung jelasinnya sbtulnya).

kaya misalnya ‘risih’ ke bank gara2 g tahan ngeliat nomer urut yg jalan2 itu, ini juga sama. kaya “lalala, gamau liat, gamau liat, lalala” tp tetep aja kliatan trus cape sndiri jadinya (experience told by iko).

senyebelin misalnya lg nonton (lagilagi) film streaming pake headset/earphone (bedanya apa si?) sambil nyalain ym trus ada bunyi2 ‘tuk!’ yg nandain ada yg lg nyapa ato nulis sesuatu d ym. ato ‘poof!’ yg ngabarin org online ato offline. (yg ini perlu di underline)
tapi SAMA SEKALI bkn berarti gw sebel sm org yg lg ym an, melainkan sm bunyi2an itu. klo d komunikasi, istilahnya ‘noise’, tp bukan idung loh ya! (err.. itu nose)

###

sbtulnya si SMUA kategori d bahan ini ADA BANGET d kehidupan sehari-hari. tp well, gw coba yg kategori ini aja deh. yg sehari2 banget:

regular part of my day experience

1. “it’s part of my routine.”
2. “I use it as big part of getting my news for the day.”
3. “I usually read/look at it at the same time of the day.”
4. “this is one of the sites I always go to anytime I am online.”
5. “I follow a routine pattern each time I read it, reading the same sections in the same order”
6. “it helps me get my day started in the morning.”


trus seperti biasa, ada keterangan lanjutan.

for some, breakfast is not complete without watching a morning news program. watching is part of a ritual: turn on the program, make coffee and breakfast, and watch or perhaps listen. for others, the morning newspaper is the habitual breakfast companion. some people have a news site (e.g., cnn.com or nytimes.com) or aggregators such as Yahoo as their homepage. these sites become a habitual way of checking news. some people have a ritual of watching the late-night news before going to bed. they do not feel ready for bed until they have watched it. similar experiences occur with all sorts of other media content. this is a transportation experience in the sense that the media content puts people in a comfortable, calming state of mind. for some people, as noted next, the news can result in an irritation experience that is the opposite of this calming effect.

mau oot dikit, ini kacrut bgd deh, bahkan tugasnya ngga slesey2 malah nulis notes bginian (jam 01.27). haduuh! (tp tetep lanjut, nanggung soalnya, hahaha)

gw si bukan tipe ‘pake media karna kebiasaan’, tapi bokap iya. tiap pagi PASTI baca koran. entah apa yg dbaca, yg jelas (at least) buka koran. trus kadang2 dbawa ke mobil.

dulu, tmen2 gw d prodi jurnal, d pelajaran tertentu suka bawa2 koran gtu klo pagi2. gw rasa si maxud dosennya baik, ngebiasain mahasiswanya baca koran biar update berita. tapi yaah, yg namanya kebiasaan susah berubah kali ya? mm.. let say gw ambil contoh nanien (hehe, ini misal doang loh nien, klo salah, klarifikasi bole kok). gara2 matkul itu, dia jd baca koran dr berbagai genre, mulai kompas, poskota, sampe lampu hijau (dulunya lampu merah). dan udh niat abis pngen dijadiin kebiasaan tiap harinya, berhubung dia anak jurnal. tp kenyataannya bolong2, ngga tiap hari, klo inget doang, itupun tergantung mood.

beda sama bokap gw yg udh kebiasaan. g perlu diniatin n dsuruh juga tiap hari baca koran (fyi, d rmh langganan kompas).

ganti topik. gatau si ini sbtulnya relevan ato ngga ma pembahasan topiknya, tp lg pngen ngebahas ini aja. kaya blom ‘afdol’ aja rasanya klo blom buka facebook, twitter, plurk, dan situs2 pertemanan lainnya tiap hari. klo untuk ini, dg terpaksa gw mengakui. ngga buat ngapa2in si, cm skedar cek notification doang sbtulnya udh tenang. klo lg agak nganggur deh baru, klak-klik sana-sini, hehe.

klo dulu ritualnya bangun tidur-bengong-guling2-di-kasur-sambil-mulet2-kaya-kucing, skrg dselipin buka-hp-cek-fesbuk. kebiasaan baru yg anehnya rasanya kaya udh bertaun2 gw ngelakuinnya padahal baru beberapa bulan terakhir ini aja. mknya jd mikir 2x buat ikutan nge-twitt ato plurk-an juga, takut ntar kasusnya sama kaya fesbuk.

mm.. mm.. *mikir* mm.. mm.. mm.. *mati gaya nyari kata penutup buat notes ini* (01.50).

No comments: