Tuesday, April 13, 2010

gelas setengah?

gelas setengah?
Wednesday, April 14, 2010 at 1:25am

gelas setengah isi ato setengah kosong?

klo buku-buku motivasi lalala gitu kan bilangnya "klo ngeliat setengah isi tandanya optimis, klo ngeliat setengah kosong tandanya pesimis"

tapi gw agak curiga sama pernyataan itu. klo lagi makan sushi mungkin mikirnya "yes, ocha nya masi ada setengah. lumayan, ngga perlu manggil-manggil mbaknya minta refill"

tapi klo kasusnya jus mejikuhibiniu entah apa warnanya dan entah apa isinya gimana? klo sisanya tinggal dikit justru mikirnya "yes, dikit lagi abis" dan ngeliat gelas itu setengah kosong biar ngga ngerasa 'menderita' lebih lama.

ada satu quote menarik yang gw dapet dari film wonderful world:

"if the glass is half empty, at least you can't drown"

lebay sih, klo pun gelasnya penuh, NGGA BAKAL tenggelem juga bahkaaan. kecuali klo bawa-bawa gelas ke laut trus tiba-tiba ketelen ombak. eh ngga juga deng, manusia kan bisa ngapung. OH GW TAU! gimana klo bawa gelas ke laut trus ketelen ombak ketimpa karang? baru deh tu bisa tenggelem beneran.

ok, kembali ke topik. dari quote ini, gw percaya, walopun orang ngeliat sesuatu dengan negatif, sebetulnya ada hal positif dari situ. salah satu contohnya adalah deadline. cuma ada 2 hal yang bisa memicu kreativitas tinggi. lagi ada bawah tekanan, ato lagi super bahagia.

btw, sebetulnya 'deadline' ato 'dateline' sih yang bener? sbtulnya itu istilah kaya "nih, lo gw kasi BATAS WAKTU sampe dasawarsa sekian" iya kan ya? ah mulai sekarang gw pake istilahnya 'dateline' aja deh, lebih ngga 'angker'.

lalala, ngelantur lagi. dateline. sepengalaman gw yang seorang dateliner sejati, di waktu-waktu mepet itu, statement "huwa huwa huwa.. beberapa mikrodetik lagi harus udah dikumpulin!" lebih efektif
membuat panik dbanding statement "ah, masi ada beberapa mikrodetik lagi kok buat ngerjain"

jadi inget, waktu itu di twitter pernah ngebahas tentang si gelas ini trus shasha reply "yauda anggep aja jusnya udah setengah isi di perut" malah jadi mikir "ah sial udah ketelen setengah" dan semakin ngga mood minum jus somewhere over the rainbow itu (terjemahan: jus mejikuhibiniu antah berantah).

jadi, klo ngeliat yg 'kosong' itu sebagai 'yes dikit lagi abis', apa masi bisa dibilang pesimis?

eh tapinya klo lagi di gurun trus ngeliat gelas setengah kosong trus mikir "yaaah, isinya tinggal setengah" dan malah ngebuang airnya gimana dong? berarti pesimis dong itu? (plin plan)

sampe sekarang gw masi bingung sebetulnya sama si setengah itu. klo kata matematika si dibuletin ke atas. tapi klo di ulangan, nilai setengah itu berarti harus remedial. tapi klo ada satu kue, yang paling adil ya bagi dua, alias setengah. halah halaaah, klo ngedengerin sesuatu trus jadi terngiang2 namanya 'ear worm', si setengah ini kayanya 'brain worm' deh. mikirin sesuatu trus jadi terngiang2.

kayanya lain kali harus pake cangkir deh, jangan gelas.

No comments: