Friday, April 9, 2010

hubungan semu

hubungan semu
Friday, September 18, 2009 at 8:49pm

(lagi2 repost dr tulisan gw d suatu tempat)


hari kamis kmaren pas belajar mpk, gw nemuin suatu hal yg menarik (akhirnya ada juga yg menarik dr mpk)

x --> z --> y

x: persepsi thd brand
y: loyalitas produk

kesimpulan:
* ada hubungan antara persepsi thd brand dg loyalitas produk
* tidak ada pengaruh antara persepsi thd brand dg loyalitas produk

laah? kok bisa gtu? ya bisa doong. ni contoh sederhana nya aja. gw suka bgd ma a-mild. logonya keren, warna merah (hoho), iklan2nya juga keren, tp ngga lantas gw jg loyal ma produk itu. kenapa? karna ada faktor:

z: pembelian

ya logika aja deh? gw kan non-smoker, masa ngekonsumsi rokok in the name of 'good perception'? makasi deh, tp saya masi mau sehat n panjang umur.

naahh.. d hari itu juga, gw ngobrol2 ma tmen gw. kita ngebahas ngalor ngidul ttg apapun sampe aus (tp lagi puasa) dan entah knp tiba2 nemuin sesuatu yg bisa dikaitin ma itu. ini dia yg mau gw bahas.

jadi gini ceritanya. ---

(sampe dsini nampaknya butuh sensor)

klo kasus tmen gw itu, dia gabung d peer group nya waktu sma. mereka sama2 satu hobi n satu aliran musik, mknya bs nyambung. tp ada satu saat dmana dia ngga nyaman ma peer group nya itu dan milih buat ngehindar n jd bersikap aneh.

trus dia crita lg, yg bikin dia sedih, harusnya mereka juga ngerasa doonngg klo dia jd agak 'bikin jarak'?! ibaratnya rantai, klo putus masa ngga sadar klo ada yg 'ngga biasa'? tp nyatanya ngga. ktnya, tmen2 nya itu bahkan cuek aja, ngga nyariin dia ato nanya kabarnya sampe yauda ilang dtelen bumi gtu aja.

hubungan semu.

skrg gw mau ngambil kasus gw aja. soalnya kasus tmen gw itu sama, tp ada yg sdikit beda. jd, penjelasannya adalah:

x: pihak 'mereka'
y: pihak 'gw'
z:
-censored- (sbtulnya g butuh sensor juga si, tp yaudalah)

x --> z --> y

knp tanda panahnya ngga timbal balik? karna gw yg 'ngepas2in' (baca: variabel dependen) sedangkan mereka sbg variabel dependen nya. ngga adil? ya! karna gw yg 'mencoba masuk' ke 'zona' mereka, bkn bangun 'zona' nya bareng2.

---

(bagian dsini juga disensor lg *byk amat deh sensornya! biarin, yg penting jujur, ngaku klo ada yg disensor, hehehe)

eniwei, bkn masalah itu yg mau gw bahas. gini, waktu gw ngobrol ma tmen gw itu, kita sama2 ngerasa heran "knp ya bisa 'ayo2 aja ke mereka' tp ngga 'kaya gtu' (sama2 ngga bs ngejelasin, tp dg mistisnya sama2 ngerti maxudnya, haha)" bahas bahas bahas, akhirnya sampe pd kesimpulan "hubungan semu" itu dan kita takjub sendiri.

trus sekarang gw bingung mau nulis apaan lg. ngga pngen ngebiarin ngegantung gini aja sbtulnya kaya nonton film trus reaksi penontonnya "drtd ni film maxudnya apa si?" tp ya emg gada lg yg bs dbahas.

sbtulnya ada lagi 1 hal yg gw penasaran bgd n mau coba diulik2 'rumus' nya. gatau tanda panahnya satu arah ato bolak balik dan gatau juga siapa/apa jd variabel yg mana soalnya. d sisi lain, gw takut saat gw ngga penasaran lg, udah, slesey aja gtu (pdhal blom ngejawab apapun).

lagi2 susah dijelasin. tp ilustrasi nya kaya ngerjain soal mat. penasaran bgd bikin rumus sndiri (pdhal udh ada rumusnya sbtulnya), tp saat udh ketemu, penasarannya nguap gtu aja, pdhal jawabannya blom dkerjain juga (hal yg paling esensial sbtulnya).

tu kan tu kan tu kan abstrak. tauk ah! gw jg ngga ngerti. ngebiarin diri ngga ngerti dan tersiksa dg ke ngga ngerti an itu, tp anehnya nikmatin itu smua. iihh.. apa deh banget coba?! masochist!

btw, mau numpang ucapan walopun prematur: "MET LEBARAAANNN!!!"

nb: part yg disensor itu masa lalu. se lalu lalu nya 'masa lalu' (maxudnya kejadiannya bertaun2 yg lalu, udh lama lah pokoknya, bkn 'big thing' siih, kbtulan contoh yg pas aja mknya gw pake dan entah knp butuh sdikit sensor, hehe)

No comments: