Friday, April 9, 2010

pom bensin dan peraturan

pom bensin dan peraturan
Saturday, June 27, 2009 at 10:58pm

prolog: notes ini terinspirasi di sore hari waktu gw lg di mobil pas mau ngisi bensin di perjalanan menuju depok.

apa sih sbenernya yg mau gw tulis? hmm.. gini, mau cerita sedikit.

tau kan peraturan
"matikan mesin saat mengisi bensin"? naah, dulu bokap gw slalu gtu, tp entah dimulai sejak kapan, skrg bokap punya kebiasaan mesin mobil dibiarin nyala pas ngisi bensin. dan itu ngefek ke supir. mereka (supir sekarang dan supir dulu2) jadi ikut2an ngga matiin mesin juga klo lg ngisi bensin.

tp itu cm terjadi di pom bensin pertamina. beda halnya klo d shell. dsitu peraturannya emang bener2 ketat harus matiin mesin dan klo ada yg ngelanggar (ato lupa blom dimatiin) bakal diinget ma petugasnya.

waktu itu gw pernah nanya ma bokap. gini kira2 percakapannya:

gw: "pa, kenapa sih klo di shell dimatiin klo di pertamina ngga?"
bokap: "klo di pertamina didiemin aja sih"
gw: "jadi klo dsuruh aja baru matiin gtu?"
bokap: " yaah, mau ngetes petugasnya aja"


haha, ngelesnya bisaaa bangeeet! tipikal org indonesia bgd ngga si? ngebangun kesadaran harus dsuruh dulu (okeh, ralat, gw terlalu asal menggeneralisasi: tipikal SEBAGIAN org indonesia).

tp ngga bisa nyalahin juga siiih. bokap gw juga ngeliat petugas2 pertamina suka khilaf, bahkan gw pernah ngeliat ada petugas pertamina lg NGEROKOK d dket2 situ.
MAAF MAS, INI POM BENSIN BUKAN?

saat kita dilarang sesuatu dan ngeliat org yg ngelarang justru malah ngelanggar peraturan, kita jd mikir
"aah, dia aja ngelanggar" dan saat kita ada d posisi 'mensosialisasi peraturan' (misalnya kasus bokap k supir), org itu bakal ngaca ma kita. misalnya supir gw ngeliat bokap tetep nyalain mesin pas ngisi bensin, dia (mungkin) mikir "brarti mesinnya gpp ngga dimatiin"

jujur aja, sampe skrg gw masi risih klo ada d dalem mobil dg keadaan mesin masi nyala, tp seringnya males protes. tau banget siiih emang harusnya gw ngga bole males, tp ngga suka berkonflik aja, jd yaah, mau ngga mau berusaha sok cuek.

apa ya namanya itu? efek domino. eh bener ngga si?

skrg mau ngebahas soal shell (btw, ini ceritanya loncat2 deh! bodo ah! lanjuuut) anehnya, semenjak tau (entah sejak kpn taunya) d shell harus matiin mesin dan bakal diingetin klo masi nyala, skrg gw perhatiin bokap tanpa dsuruh lgsg matiin mesin.

hal sepele si, tp gede bgd efeknya. supir gw jd ikutan nurut dan gw, entah gmn, kaya tenang aja rasanya klo pas ngisi bensin mampirnya ke shell bkn ke pertamina dan jadinya image shell d mata gw jd positif (faktor lain karna logo shell bagus *err, penting bgd ya dbahas?!)

kadang2 gw mikir, peraturan itu dibuat pasti ada alesannya, tp blom tentu
"ooh, gtu ya. yauda deh gw nurut" justru faktor2 lain misalnya "aah, byk kok yg ngelanggar"ato "aah, peduli amat! petugasnya juga ngga tegas kok" ato ah-ih-uh-blablabla-menye2-lainnya *bhs apa ini?!* yang jadi alesan sebenernya.

ntar klo beneran ngerasain akibatnya baru deh sadar. ciih, ngga kurang telat ya sadarnya?

you tell me i'll forget
you show me i'll remember
you involve me i'll understand


itu salah satu quote yg pernah dkasi dosen gw.

mgkn yg di shell baru tahap
'showing' tp itu aja efeknya lumayan, apalagi sampe tahap 'involving'? klo cuma 'telling' macem tulisan "matikan mesin saat mengisi bensin" ato kaya gw ngomong "iih papa, ngga rusak apa mesinnya dibiarin nyala gtu?" mah ngga ngefek, iya kan?

soal kasus lain, hmm.. gatau deh, gw kadang suka ngga mau sok2an negur, merintah, ato nyuruh. pasti slalu ngaca dulu
"lo sndiri udh bener blom del? dan seringnya jawabannya "blom" ato justru nanya balik "eh, udah blom ya?"

dg kata lain:
ngga yakin. haha, cupu ya?

sbtulnya klo mau dcari2 si BUANYAAKK bgd contoh lain. misalnya: buang puntung rokok sembarangan, bahkan ngga dimatiin dulu abunya; ngga pake helm pas naek motor; buang sampah sembarangan; ngeludah sembarangan; parkir ngasal; telat; dll.

jokes
"peraturan dibuat untuk dilanggar" kaya nya mungkin kadang ada benernya deh. orang cenderung malah ngelakuin apa yg dbilang 'jangan' (okeh, skali lagi terjebak sm 'generalisasi, tp yaah, byk si kejadian yg kaya gini)

well, klo bagi gw si,
"peraturan dibuat untuk dimodifikasi". susah si ngejelasinnya, tp kira2 gini maxudnya (mudah2an ngerti): bkn brarti dilanggar, tp dcari2 reason-why nya. klo ternyata ngga masuk logika-gw-yg-kadang-absurd ini yaa.. gmana caranya lah dimodifikasi biar 'sreg' aja. istilah lainnya beradaptasi kali ya? (sbenernya ngeribetin otak si nanya2 sndiri, bingung sndiri, tp ujung2nya dapet sendiri jawabannya kok. haha, aneh abis)

aah, entah deh tapinya.

epilog: sbtulnya hrs diapain sih buat ngebangun kesadaran tanpa harus byk2 peraturan?

No comments: