Friday, April 9, 2010

sinistral

sinistral
Wednesday, March 11, 2009 at 8:11pm

tadi pagi, salah seorang temen gw bilang "del, masa ya gw baca dmana gitu, karna kemajuan teknologi yg dibuat untuk orang tangan kanan, orang kidal pelan-pelan bakal punah" (kira2 gitulah bunyinya, gw juga lupa persisnya gmana)

trus gw juga klo ngga salah, lupa2 inget (banyakan lupanya drpd ingetnya) pernah baca "resiko kecelakaan buat pengendara kidal lebih besar dbanding pengendara non-kidal"

logikanya, refleks org kidal klo tiba2 banting stir biasanya ke arah kiri. bayangin, klo di negara ber-setting stir kanan, banting stir ke kiri lebih bahaya bukan?

trus lagi, gw juga pernah baca, ksatria berpedang-perisai yg kidal cenderung lbh gampang terbunuh.

logikanya, jantung kan ada di kiri, klo org kidal kan perang (dg pedang) pake tangan kiri dan perisainya ada di kanan, berarti bagian kiri badan (dmana di situ ada jantung) lebih ngga terlindung kan?

gw mikir. iya juga ya. dr kehidupan sehari2 gw aja, bisa djabarin:
- budaya kita (indonesia) "memberi & menerima sesuatu dg tangan kanan"
- gw kebetulan tinggal di negara dmana mobil ber-stir kanan
- kursor (mouse) normalnya ada di kanan
- standar gitar dan alat petik lainnya didesain buat pengguna bertangan kanan
- begitu juga dg biola dan alat gesek lainnya
- begitu juga dg fingering trump dan alat tiup kebanyakan
- begitu juga dg piano, dmana melodi lbh byk pake tangan kanan
budaya kita (lagi2) menganggap ngga sopan makan pake tangan kiri
- waktu nulis, di kbanyakan negara, dimulai dr kiri (yg berarti klo nulis pake pulpen tinta pasti ngejiplak di tangan)
- atau pake tipe-x. harus sabar nunggu kering soalnya klo masi basah pasti nempel2 di tangan
- arah jam normalnya ke arah kanan (kecuali jam arab ato jam error)
- dan lain-lain

gw kadang kesulitan karna ke-kidal-an gw ini:
- waktu sd, ikut drum band jadi color guard, spin flag gw entah knapa sering banget ke arah yg berlawanan ma yg seharusnya
- waktu belajar main gitar n biola, kaya 'ngga pewe' aja sama posisi yg standar (gitar: petik pake kanan. biola: gesek pake kanan) mknya cuma belajar bntar trus udahan, hehe
- serba salah klo lagi olahraga (terutama 'bola2an kaya basket, volley, sepakbola, dll) karna seringkali harus pake kaki-tangan kanan
- sempet ngalamin masa2 'makan pake tangan kanan' tp ngga pernah ngerasa nyaman dan akhirnya (sampe skrg) balik lagi 'makan pake tangan kiri'
- nulis tabrak2an klo di sebelah kiri gw ada org non-kidal lg nulis juga
- oiya, hal yg sama berlaku juga saat makan
- main trump (ikut marching band) sempet kagok2 fingering pake kanan
- sering dtanyain "lo klo piip piip pake tangan apa?" (ada deehh! hanya gw dan Allah yg tau, haha)
- sebel klo lg nulis di papan tulis pasti tulisan gw keapus lagi sama tangan gw sendiri
- dan lain-lain

gw sama sekali ngga pernah nyesel jadi org kidal. cuma 8-15 % penduduk dewasa yg bertangan kidal. langka kan? (hoek, narsis) LOL

tp yaah, ada beberapa kondisi dmana org kidal mau ngga mau harus beradaptasi dg orang kebanyakan. dan teknologi punya kecenderungan membuat org berpikir dg otak kiri (dmana org kidal cenderung berotak kanan).

well, mungkin itu yg disebut 'punah' menurut bacaan tmen gw itu.

how bout you? do you have same experience like me (or have relative who is sinistral)? feel free to share.

No comments: