Thursday, December 19, 2013

mi ramen

mi ramen
Saturday, August 6, 2011 at 3:45am

terinspirasi dari celetukan singkat haritz waktu latian (kamis): 

haritz: saat2 kaya gini air putih aja berasa nikmat banget ya 

haha, tema 'khas' puasa ya? 

bsoknya (jumat), gw ngebahas lagi sama icha di kosan. kira2 penggalan dialog gw sama icha bgini: 

gw: masa ya cha, kmaren kan gw ngobrol sama haritz (blablabla, cerita lagi soal hari kamis). gila ya padahal air putih tuh biasa banget, tiap hari juga minum. tapi saat latian mb DAN puasa di mana kita harus nahan dahaga, air putih itu semacam... dewa 

icha: gw jadi inget 1 cerita yang gw tonton dari film tentang koki. jadi gini ceritanya... (icha mulai cerita) 

### 

ada seorang koki yang punya misi bikin mi ramen seenak bikinan komandan dia dulu. wait wait wait. komandan? komandan apa? jadi gini. dia itu dulunya pernah ikut wamil (wajib militer). nah, si komandannya ini pernah bikinin dia mi ramen yang super enak selangit ketujuh. 

nah sekarang, dia mau bikin ramen yang seenak itu, tapi ngga pernah berhasil, padahal dia udah nyoba berbagai macam cara, nyampur2in segala rupa bumbu, tapi gagal terus bikin mi seenak bikinan si pak komandan. 

akhirnya dia dateng ke rumah si pak komandan. sama komandannya, dia disuruh kerja berat. tebang pohon, ngangkut2 barang berat (gajah?), dll. berhubung dia pengen banget tau resep rahasia mi ramen 'langit ketujuh' ala komandannya itu, dia lakuin aja apa yang disuruh. 

selesainya dia kerja, komandannya bikinin dia mi ramen. dan seperti yang udah dia duga, rasanya bener2... dewa. saat dia menyeruput kuah terakhir mi nya, di alas tatakan mangkok ada tulisan: 

"makanlah saat kamu benar2 lapar" 

### 

icha: naaah, itu sama kasusnya kaya puasa. pas buka kayanya makanan apa aja tuh nikmaaat banget 

gw: gw jadi mikir deh ya cha. apa jangan2 kenapa orang2 kurang mampu itu bisa lebih bahagia dari orang2 kaya raya ya karna mereka gampang buat bersyukur, sesimpel "bisa makan nasi aja udah sukur". sedangkan orang2 kaya raya bisa dapet apapun, jadi 'standar' syukur nya lebih tinggi 

icha: kan emang itu salah satu tujuan puasa. biar kita juga bisa ngerasain jadi orang2 yang 'makan aja susah'... 

(dan obrolan itu keputus karna gw udah dijemput dan harus pulang) 

sepanjang perjalanan pulang itu gw mulai 'merebus' apa2 yang gw inget, mengaitkan sama pembahasan yang 'salah-banget-diomongin-pas-puasa' di atas (ditambah liputan tentang es campur dkk yang melatarbelakangi obrolan gw dan icha. oh cobaan, haha). 

gw jadi mikir deh (mikir mulu lo del). kan katanya kenapa makanan terasa nikmat itu salah satu faktornya adalah air liur. jadi apa jangan2 kenapa makan saat buka puasa terasa nikmat itu karna produksi air liur meningkat di saat2 nunggu buka (ngabuburit) ya? 

sotoy2an si emang, haha, tapi bisa jadi kan? soalnya (klo ngga salah) gw pernah baca klo istilah 'ngiler' itu bukan air liur netes2 kaya bulldog, tapi meningkatnya produksi air liur karna terstimulasi oleh makanan/minuman yang kita liat ato aroma masakan yang kita cium. lalala, ya kira2 begitu deh pokoknya. 

ini gw ngomong apa si sbenernya? pokoknya intinya puasa itu bikin kita gampang 'ngiler' karna perut laper jadi bikin makanan jadi nikmat beneeerrr. 

dan dikaitin sama 'cerita mi ramen' di atas, kadang, makanan jadi spesial itu bukan karna makanan nya, tapi karna lapernya (sumpah ini kesimpulan cetek amat ya) 

*ditulis di jam 02.11 dimana beberapa jam lagi akan saur dan puasa 

terakhir, meskipun telat, pngen ngucapin: selamat puasa buat yang menjalankan. bersyukurlah orang2 yang masi dkasi kesempatan buat menikmati puasa dan bisa ngerasain 'mi ramen' dan 'air putih' dalam bentuk yang lain :)

No comments: