Monday, June 28, 2010

the little prince

the little prince
Tuesday, June 1, 2010 at 12:11pm

"apa yang kaulakukan dengan bintang-bintang?" tanya pangeran kecil.

"tak ada. aku memiliki semua bintang itu" jawab pengusaha sambil sibuk menghitung bintang.

"dan apa gunanya bagimu memiliki bintang-bintang itu?"

"gunanya untuk membuatku kaya"

"dan apa gunanya jadi kaya?"

"untuk membeli lebih banyak bintang, kalau ada lagi bintang yang ditemukan"

"bagaimana kau bisa memiliki bintang-bintang?"

"bintang-bintang, itu siapa yang punya?" tukas pengusaha mulai kesal.

"aku tak tahu. tak ada yang punya"

"kalau begitu mereka milikku, karena aku yang punya ide lebih dulu"

"cukup begitu saja?"

"tentu saja. kalau kau menemukan berlian yang bukan milik siapa-siapa, berlian itu menjadi milikmu. jika kau menemukan pulau yang bukan milik siapa-siapa, pulau itu milikmu. jika kau orang pertama yang punya ide, kau mematenkan idemu itu dan ide itu milikmu. dan bintang-bintang itu milikku, karena tak seorang pun sebelumnya pernah memikirkan untuk memiliki mereka"

"dan apa yang kau lakukan dengan bintang-bintang itu?"

"aku mengurusnya. aku menghitung dan menghitung ulang mereka"

"tapi kau tidak bisa memetik bintang-bintang"

"memang tidak, tetapi aku bisa menyimpannya di bank"

"apa maksudnya itu?"

"itu berarti aku menuliskan jumlah bintang-bintang yang kumiliki di atas sehelai kertas. kemudian kertas ini kusimpan dalam laci terkunci"

"orang dewasa jelas sangatlah luar biasa" gumam pangeran kecil.

###

- from le petit prince by antoine de saint-exupery

No comments: